Pengenalan & Tutorial Dasar Node.js

Node.JS adalah salah satu implementasi serverside javascript(JS). Kenapa harus JS? karena JS memiliki kehandalan di sisi eventing dan callback. Sekedar info, sampai saat ini server side aplikasi sangat susah untuk dibuat berbasis event, yang ada malah kebanyakan adalah berbasis thread.
Lalu kemudian lahirlah Node.JS, intinya adalah, dengan hanya coding satusource, bisa menjalankan banyak sekali perintah secara paralel , itu bisa terjadi karena berbasis event dan callback tadi.
Nod.js
Image by by Pedro Lozano
Jadi resource komputer seperti processor dan I/O bisa bekerja sendiri-sendiri. Misalnya gini, kita perlu baca data dari hardisk, proses baca tersebut biasanya relatif lama dibandingin proses di processor. Kalo di programmingbiasa (misal PHP), kita kan menunggu sampe proses baca selesai, trus baru langkah selanjutnya. Nah pas nunggu ini, sebenernya prosesornya mubazir karena enggak melakukan apa-apa.
Kalo di NodeJS, perintah baca tadi dikirim ke I/O, trus NodeJS enggak nunggu, tapi melakukan perintah selanjutnya. Pas proses baca I/O tadi selesai, I/O ngirim event ke NodeJS. Baru deh program NodeJS mengkonsumsi hasil pembacaan tadi.
Jadi terlihat kan kalau processor enggak mubazir sama sekali, 100% digunakan untuk menjalankan proses yang bermanfaat. trus kalo kita lihat, kebanyakan server sebenernya cuma routing dari satu I/O ke I/O lain, contoh dari file ke network, dari Database Ke Network ato dari network ke networklain.
Pada pemrograman biasa, adalah sangat sulit sekali untuk membuat aplikasi yang menjalankan beberapa perintah secara paralel. Justru kebalikannya dengan Node.JS.. membuat paralel simultan job adalah sangat gampang sekali, tapi kebalikannya membuat perintah untuk serial job menjadi sedikit susah.
Nah penjelasannya udah selesai , lansung aja ya masuk ke tutorialnya :)

Step 1 : Instalasi

  1. Download Node.js versi terakhir di http://nodejs.org/
    Versi  Node.js yang saya gunakan adalah node-v0.10.25-x64 dengan operating sitem windows 8.1 :)
  2. Install file node.js yang sudah di download tadi

Step 2 : Hello World !

Nah setiap teknologi baru kan biasanya dimulai dengan kata “Hello World!”  nih. Jadi ayo kita coba buat Hello World dengan Node.js :)
Jadi kita akan membuat server HTTP sederhana yang menampilkan pesan itu. Pertama, Anda harus memahami sistem modul Node.js. Pada Node.js, fungsi dirumuskan dalam modul yang harus dimuat agar dapat digunakan. Ada banyak modul yang tercantum dalam dokumentasi Node.js yang bisa dilihat di sini
Sekarang mari kita buat 1 file bernama index.js , lalu isikan kode berikut  :
[js]</pre>
var http = require(‘http’);
http.createServer(function (req, res) {
res.writeHead(200, {‘Content-Type': ‘text/plain’});
res.end(‘Hello World\n’);
}).listen(8090, ‘127.0.0.1’);
console.log(‘Server running at http://127.0.0.1:8090/’);
<pre>[/js]
Kemudian buka command prompt , arahin lokasinya ke tempat penyimpanan file index.js
Lalu ketik “node index.js” (tanpa tandak petik)
Maka hasilnya kurang lebih seperti gambar ini :
Output Node.js
Output Node.js
kemudian buka browser, karena tadi kita set portnya ialah 8090 , makan buka http://localhost:8090/
dan tampilan yang akan tampil kira-kira seperti ini :
Hello World Node.js
Hello World Node.js
Sekian tutorial saya tentang Node.js .
Tunggu artikel berikutnya :)

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menggunakan Adobe Photoshop CS5

TIPS HACK TWITERR

TUTORIAL MEMBUAT TEKS USANG DENGAN PHOTOSHOP