Skip to main content

Tuntutan Bagi Desainer Web Freelance

Di dunia yang makin kompetitif ini tuntutan sebagai seorang desainer web pun semakin besar dan kompleks. Perkembangan teknologi di dunia web sangat dinamis, trend baru cepat bermunculan, berbagai fenomena dengan cepat merubah landscape dunia web yang memaksa kita harus beradaptasi dengan cepat atau hanya sekedar jadi penonton.
Freelance Web Designer
Masih segar di ingatan saya beberapa tahun yang lalu mendesain halaman web cukup menggunakan Macromedia Fireworks (Sekarang Adobe Fireworks). Fireworks membantu mendesain layout halaman web secara visual, mengatur posisi banner, membuat kolom samping, mengatur space untuk konten dan merancang tampilan footer. Semua itu dilakukan tanpa menyentuh kode HTML sama sekali dan tentu tanpa CSS. Namun masa itu sudah berlalu, dan desainer web dituntut menguasai HTML dan CSS.
Dan juga masih segar di ingatan saya Macromedia Flash sangat populer waktu itu. Semua kebutuhan elemen animasi di website mulai dari yang sederhana sampai short clip bahkan full website Flash mengambil peranan penting. Namun sekarang Flash mulai ditinggalkan, animasi sederhana seperti fade-in fade-out, sliding image dikerjakan oleh jQuery, MooTool, CSS. Dengan keberadaan Javascript library ini (jQuery, MooTools) user experience website pun semakin baik.
Dua contoh di atas sebagai gambaran bahwa dunia web begitu dinamis perkembangannya dan para desainer web pun harus siap dengan kondisi tersebut dan harus siap beradaptasi dengan terus belajar dan selalu up to date dengan informasi seputar dunia web. Di artikel ini saya akan membahas skill apa saja yang penting bagi desainer web untuk tetap bisa bersaing di bidang ini.
HTML dan CSS
Dua elemen ini sangat fundamental dalam desain web sehingga mutlah harus dikuasai oleh seorang desainer web. Penguasaan akan HTML dan CSS tentu akan membawa pada pemahaman tentang cara kerja web, keterbatasannya serta solusi permasalahannya. Membuat halaman web dengan cara lama dengan cara slicing menggunakan Adobe Fireworks tentu tidak lagi menjadi pilihan.
Javascript
Keberadaan Javascript membuat website interface manjadi lebih menyenangkan, dinamis, dan interaktif. Mendesain halaman web yang membutuhkan animasi, interaktivitas, dan visual effects yang dinamis membutuhkan Javascript karena HTML dan CSS tidak bisa melakukannya. Dengan Javascript kita bisa membuat sliding image, animasi fade in fade out, tool -tip, form, atau paralax scrolling yang menarik.
Sebagian orang berpendapat seorang desainer web tidak perlu menguasai Javascript karena itu areanya developer web. Namun menurut saya karena sekarang Javascript banyak digunakan untuk tampilan front end pada website seperti animasi, interaktif, maka desainer web idealnya menguasai Javascript.
SEO
Salah satu cara publik mencari informasi di internet melalui search engine seperti Google, Bing. Yahoo Search. Setiap web yang kita buat tentu diharapkan bisa “ditemukan” oleh search engine dengan kata kunci tertentu. Bagaimana caranya agar search engine bisa menemukan website kita? Untuk itu prinsip-prinsip SEO harus bisa kita aplikasikan di web yang telah didesain. Maka pengetahuan dan pemahaman tentang prinsip-prinsip SEO harus dimiliki oleh desainer web.
Media Sosial
Media sosial menjadi fenomena tersendiri di dunia teknologi informasi. Keberadaan Facebook, Twitter, Path, Google+ merubah cara orang-orang berinteraksi dan berbagi suatu ide. Dikarenakan jumlah user dari media sosial ini begitu besar sehingga bisa dijadikan media baru untuk penyebaran informasi, sharing informasi juga promosi produk. Untuk itu desainer web dituntut untuk mengerti kelebihan media sosial ini dan mampu memanfaatkannya.
Desain Grafis
Seorang desainer web harus memiliki pengetahuan akan prinsip-prinsip desain grafis. Karena proses desain web membutuhkan pengetahuan tentang :
  • spacing
  • proportion, balance
  • grouping
  • contrast, colour
Tanpa pemahaman tentang prinsip tersebut dan ketidakmampuan mengaplikasikannya tidak akan menghasilkan website yang fungsional, efektif dan bagus secara estetika.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menggunakan Adobe Photoshop CS5

TIPS HACK TWITERR

TUTORIAL MEMBUAT TEKS USANG DENGAN PHOTOSHOP